Cara Memilih Top Night Vision Camera untuk Keamanan Rumah

Top night vision camera - Saat ini kejahatan semakin merebak. Rumah yang seharusnya menjadi tempat berlindung bagi kita dan keluarga sekarang tidak lagi terasa aman seiring semakin bertambahnya tingkat kejahatan. Itu sebabnya kita perlu meningkatkan keamanan rumah, salah satunya dengan memasang kamera pengawas night vision yang tetap bisa menangkap gambar walaupun di area tanpa penerangan. Karena keamanan keluarga dan rumah itu sangat penting tentu saja kita perlu memilih night vision kamera yang terbaik. Berikut ini cara memilih top night vision camera.

Hitam putih atau berwarna

Top night vision camera yang ada di pasaran kalau berdasarkan hasil gambarnya dibagi jadi 2, hitam putih dan berwarna. Jika area yang ingin diawasi berpenerangan cukup, Anda bisa memilih yang berwarna. Tapi jika area yang diawasi penerangannya kurang atau cenderung gelap sebaiknya Anda memilih camera yang menghasilkan gambar hitam putih karena resolusi gambarnya yang lebih tinggi dalam kondisi cahaya yang kurang. Namun sayangnya camera yang hitam putih tidak bisa dipakai untuk mengidentifikasi warna pakaian, warna rambut, atau warna kendaraan yang tertangkap di camera. Biasanya top night vision camera yang menghasilkan gambar berwarna harganya lebih mahal karena biaya dan proses pembuatannya lebih kompleks dari camera yang hitam putih. Selain itu biasanya kamera ini dilengkapi dengan sensor infrared untuk mengakomodasi kamera berwarna menangkap obyek di area yang gelap atau yang kurang penerangannya.

Berkabel (wired) atau nirkabel (wireless)

Memilih top night vision camera berkabel atau nirkabel tergantung pada luas area yang ingin dicover. Jika area yang diawasi sangat luas dan banyak pepohonan maka disarankan memilih yang berkabel. Jika area yang diawasi tidak terlalu luas dan areanya lapang top night vision camera yang nirkabel. Kekurangan dari camera berkabel adalah pemasangannya lebih repot dan besar kemungkinan akan terlihat oleh orang yang berniat menyusup. Sedangkan kekurangan dari top night vision camera nirkabel adalah signal dari transmitter ke receiver dan sebaliknya bisa terganggu oleh pepohonan di area yang diawasi. Ruang lingkup signal pun terbatas jadi area yang diawasi pun jadi lebih terbatas dibandingkan area yang bisa diawasi oleh top night vision camera berkabel.  

IP (Internet Protocol) camera

Top night vision camera dengan fitur jaringan IP memudahkan Anda untuk melihat hasil surveillance secara langsung dan real time dari berbagai gadget misalnya lewat smartphone, tablet, laptop, dan komputer. Dengan software tertentu, video footagenya bisa langsung ditransfer ke banyak gadget atau disimpan ke media penyimpanan online. Jadi Anda akan memiliki banyak cadangan video footage. Jaringan internet juga memungkinkan Anda untuk mengontrol top night vision camera dari jauh misalnya melalui smartphone atau laptop.

Letak pemasangan

Sebelum membeli top night vision camera sebaiknya Anda pertimbangkan dulu cameranya akan ditaruh dimana. Jika kameranya akan dipasang di outdoor sebaiknya Anda memilih night vision camera yang bebas hujan dan bebas debu untuk memastikan gambar yang ditangkap tidak akan terpengaruh oleh air hujan dan debu. Selain itu tempat dimana kamera akan dipasang harus kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Kalau perlu tempat tersebut memiliki tudung pelindung yang menjaga camera dari elemen alam. Sedangkan pemasangan kamera di indoor, top night vision camera tidak perlu yang tahan air.

Jumlah kamera

Semakin banyak jumlah top night vision camera yang Anda beli maka akan semakin kecil area yang tidak tercover camera. Pertimbangkan Anda akan memasang kamera dimana saja. Pastikan kamera-kamera ini  dapat mencakup seluruh area dan tidak ada blind spot yang tidak bisa diawasi.

Tingkat sensitivitas kamera

Tingkat sensitivitas menangkap gambar pada top night vision camera berbeda-beda tergantung kondisi penerangannya. Satuan hitung tingkat sensitivitas disebut Lux rate. Semakin terang area yang ingin dicover maka pilihlah camera yang Lux ratenya semakin tinggi juga.