Tips Memilih IP Camera CCTV Terbaik

Jika dilihat dari fungsinya, kamera CCTV analog dan IP Camera tidak jauh berbeda, namun dilihat dari kualitas gambar yang dihasilkan serta dari segi praktis atau tidaknya penggunaan camera, tentunya banyak orang yang memilih menggunakan IP Camera CCTV. Menggunakan IP camera memang dinilai lebih praktis, karena tidak perlu membeli terlalu banyak kabel, dapat dipasang dimana saja, serta dapat dilihat menggunakan berbagai perangkat, mulai  android, tablet, laptop, dll. Banyaknya IP camera yang ada saat ini, sedikit banyak membuat orang bingung dalam memilih produk kamera yang tepat. Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memilih produk IP camera yang tepat.

1.             Memperhatikan kebutuhan Anda akan IP camera

Ketika Anda akan memilih dan menggunakan IP Camera CCTV, maka hal pertama yang harus Dilakukan adalah memperhatikan kebutuhan Anda akan produk IP Camera tersebut. Apakah Anda membutuhkan sebuah CCTV untuk sistem pengamanan di rumah, di toko, atau di tempat lainnya. Apakah daerah tempat tinggal Anda rawan kejahatan atau tidak, serta hal lainnya. Dengan memperhatikan hal-hal seperti ini, Anda akan mengetahui secara pasti, jenis IP camera seperti apa yang pas dengan kebutuhan Anda. 

2.             Memperhatikan spesifikasi dari IP camera CCTV yang ada

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk memilih IP Camera CCTV, yang tepat adalah memperhatikan spesifikasi dari IP camera itu sendiri. Sepeti yang telah disebutkan di atas, Anda tentu sudah mempunyai gambaran tentang jenis atau tipe CCTVseperti apa yang hendak Anda beli. Berikutnya Anda akan memperhatikan spesifikasi CCTV yang pas sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, antara lain :

-                      Memperhatikan jumlah lampu LED atau IP LED IP Camera

Spesifikasi pertama dalam memilih IP Camera CCTV adalah jumlah lampu LED yang ada pada lensa camera tersebut. Semakin banyak jumlah lampu IP camera yang digunakan, maka kualitas serta hasil gambar yang dihasilkan juga akan baik, baik di siang hari maupun dalam kondisi minim cahaya.

-                      Memperhatikan main profile dari IP Camera

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dari IP Camera CCTV adalah main profile dari IP camera tersebut. Apakah Anda akan menggunakan H.264 – MPEG atau menggunakan ukuran lainnya. Ukuran ini lebih dari cukup untuk sebuah CCTV.

-                      Memperhatikan megapixel dari IP Camera

Spesifikasi IP Camera CCTV lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah ukuran Megapixel yang akan dipilih pada camera tersebut. Semakin besar ukuran megapixel yang digunakan, tentunya membuat kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin baik. Akan tetapi hal ini juga akan berhubungan langsung dengan harga camera CCTV itu sendiri. 

-                      Memperhatikan fitur lain yang diberikan

Ada juga fitur IP Camera CCTV lain yang juga perlu Anda perhatikan, antara lain POE Support, Mobile Viewing support, SD Card Support, dan fasilitas lainnya.

3.             Memperhatikan lokasi penempatan IP camera

Berikutnya yang juga perlu Anda perhatikan dari IP Camera CCTV, adalah lokasi penempatan IP camera itu sendiri. Apakah Anda akan meletakakn di dalam ruangan, atau di luar ruangan. Seperti diketahui bersama jenis CCTV di dalam dan di laur ruangan berbeda jenis. Anda  dapat menggunakan salah satunya, atau menggunakan keduanya, hal ini  tergantung kebutuhan. Perhatikan juga jumlah camera CCTV yang dibutuhkan.

4.             Menggunakan sensor infra red atau tidak

Dalam memilih IP Camera CCTV, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan sensor infra red, sensor ini diperlukan dalam sebuah CCTV untuk mempermudah Anda dalam mengamati ruangan dalam kondisi minim cahaya.

5.             Memperhatikan garansi yang diberikan

Terakhir dalam memilih IP Camera CCTV yang tepat adalah perhatikan garansi IP camera yang Anda beli, pastikan garansi yang Anda peroleh resmi, sehingga jika terjadi sesuatu hal pada CCTV tersebut, Anda dapat melakukan klaim.